Jumat, 18 Juli 2008

Manajemen Emosi

Marah, kecewa, sakit hati merupakan suatu gejolak emosi manusia yang normal. Tetapi ketika semua hal ini menjadi tidak terkontrol, maka bisa menjadi sesuatu yang merusak dan menimbulkan permasalahan, baik di kantor, di tengah keluarga, hubungan dengan rekan sekerja, hubungan pribadi dan bahkan dalam banyak hal dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda.
Menurut para ahli psikologi, semua jenis emosi disertai dengan perubahan psikologi dan biologi. Secara psikologi, dapat membuat orang menjadi pribadi yang emosional dan seperti kehilangan jatidiri sedangkan pengaruhnya biologinya seperti detak jantung dan tekanan darah meningkat begitu juga dengan hormon dan adrenalin Anda.
Kondisi ini bisa disebabkan dari dalam maupun dari luar diri Anda. Anda bisa marah, kecewa dan sakit hati pada orang tertentu, situasi tertentu, tetapi Anda bisa juga marah, kecewa dan sakit hati terhadap diri Anda sendiri ketika ada dalam kondisi tertentu.
Apabila hal ini dibiarkan terus menerus dan tidak ditangani dengan serius, maka ada banyak dampak nagatif yang bisa timbul. Ujung-ujungnya sekali lagi akan mempengaruhi kualitas hidup Anda.
Ada banyak teknik yang saat ini digunakan oleh para ahli untuk menolong orang yang memiliki masalah dengan emosi. Ada banyak buku dan kursus yang mengajarkan cara orang mengendalikan emosinya. Apabila Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, silahkan hubungi saya di blog ini.

Tidak ada komentar: